Friday, December 3, 2010

Buku : "The 'O' Project" - Firliana Purwanti



Buku yang sangat menarik dan bisa sangat cepat selesai dibaca saking menariknya. Walaupun non fiksi tapi jauh dari basi dan kekakuan. Buku ini berdasar pada hasil wawancara kepada perempuan-perempuan dengan riwayat seksualitasnya masing-masing yang berbeda. Keterbukaan tentang pengalaman orgasme dengan seks mandiri maupun dengan pasangannya, baik perempuan heteroseksual, lesbian maupun biseksual. 

Banyak tema yang dibicarakan dalam buku ini. Penuh warna. Tidak hanya melulu tentang pengalaman orgasme saja, tapi lebih dari itu, yaitu tentang pemaknaan dari orgasme itu sendiri. Dimana dalam buku ini juga diwarnai berbagai macam isu yang berkaitan dengan gender dan seksualitas. Firliana juga dengan logis sekali menggugat teori Freud yang menyatakan bahwa perempuan itu "penis envy" [thumbs up]

Membaca buku ini mengingatkan kepada film "Pertaruhan" versi bukunya. Sebagian isu dalam buku ini juga diusung di film tersebut. Kita seharusnya sekarang sudah bisa "melek" dan segera melakukan sesuatu untuk isu-isu semacam sunat perempuan [Female Genital Mutilation/FGM], mitos keperawanan, hak-hak pasangan homoseksual sebagai warga negara, HIV/AIDS, KDRT, poligami, aborsi, domestic violence, dll. 

Selamat membaca :]

Judul      : The "O" Project
Penulis   : Firliana Purwanti
Penerbit : Kepustakaan Pop Gramedia [KPG]
Harga    : Rp. 40.000,-

No comments:

Post a Comment

 

blogger templates | Make Money Online